Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013 Tahun 2020
Soal PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 2 K-13 Tahun 2020 dan Kunci Jawaban - Hellow sobat BankSoal semua berjumpa kembali dengan admin BS.
PAT (Penilaian Akhir Tahun) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan satu tahun kegiatan pembelajaran.
Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh kompetensi dasar pada periode tersebut.

1. Cermatilah puisi rakyat berikut ini dengan seksama!
1) Berpikirlah secara sehat, Terucap tentang taubat dan solawat, Berkarya dalam hidup dan manfaat. Berprasangka yang baik dan tepat.
2) Dompet kecil berwarna biru, Berukir cantik karya seniman.
3) Jauh di mata jangan di pandang, Jauh di hati jangan sakiti, Jauh di badan jangan di sentuh, Kalau dosa terus di tambang, Walau mati itu rasa hati mu rapuh
4) Apabila banyak mencela orang, Itulah tanda diri nya kurang
Puisi rakyat berupa gurindam ditunjukan pada nomor…
2. Bacalah pantun berikut ini!
Mainan baru membucah hati
Mainan rusak adik tangisi
Berilmu itu harus rendah hati
Semakin merunduk tanda kau berisi
Amanat yang disampaikan pantun di atas adalah…
3. Cermatilah gurindam berikut ini!
Apabila ingin menjadi insan mulia
ingatlah selalu menjadi baik
Alasan kesalahan pada gurindam tersebut adalah….
4. Bacalah pantun berikut ini!
Ada yang beda ada yang sama
Ada yang ceroboh dan teliti
Sabar dan ikhlas adalah utama
Tuk hilangkan dendam di hati
Sinonim dari kata yang bercetak miring pada pantun tersebut adalah…
5. Perhartikan syair berikut ini!
Wahai anakanda
Rajinlah belajar sepanjang masa
Ilmu tidak pernah habis dieja
Sebagai bekal sepanjang masa
Pesan yang disampaikan syair tersebut adalah…
6. Bacalah gurindam berikut ini!
Barang siapa berilmu
Bagaikan kursi tidak bertumpu
Pesan yang terkandung dalam gurindam di atas adalah…
7. Perhatikan gurindam berikut ini!
Barang siapa yang kuat
…………………………………
Kalimat yang tepat untuk melengkapi gurindam tersebut adalah…
8. Perhatikan pantun berikut ini!
Liburan seru di kota Pandenglang
Tak ingin pulang terburu - buru
Jika diri ingin pintar
Berterimakasilah kepada orang tua
Perbaikan kata yang bercetak miring yang sesuai dengan persajakan, pada pantun tersebut adalah…
9. Cermatilah puisi rakyat berikut ini!
Syair
Ingatlah selalu kepada tuhan
Jernikan hati dan kuatkan iman
Supaya hidup menjadi tentram
Dan dapat menjadi pendoman
Pantun
Belari cepat mengejar waktu
Terlambat sudah mengejar kereta
Pendidikan itu harus nomor satu
Bagi kemajuan bangsa kita
Persamaan stuktur kedua puisi rakyat tersebut terletak pada….
10. Cermati puisi rakyat berikut ini dengan seksama!
Ke luar kota menjual tabungan
Tabungan di jual lalu di beli lagi
Jangan lupa rajin menabung
Agar kau kelak tidak merugi
Pola rima yang digunakan puisi tersebut adalah…
11. Perhatikan pantun berikut ini!
1. Kalau murid menjadi pandai
2. Gunung biru jauh di sebrang
3. Hati guru pun ikut senang
4. Tinggi gunung tak tergapai
Urutan pantun yang tepat adalah….
12. Cermatilah pantun berikut ini!
Sungguh indah syair setanggi
Menyusun kata bagai hiasan
Punya ilmu mesti (….)
Jangan dunia sebagai batasan
Kata perintah yang terdapat dalam pantun di atas adalah….
13. Bacalah pantun berikut ini!
Kalau gelap bawalah senter
Jalan ke depan jangan mundur
Sebaiknya ingat pesan dokter
Sikat gigilah sebelum tidur
Kata perintah yang terdapat dalam pantun tersebut adalah….
14. Perhatikan penggalan teks cerita di bawah ini!
1) Ani tidak pernah menyangka, kucing kesayangan-nya akan mati secara tragis. Penggendara motor yang ugal ugalan telah menabrak doki hingga tewas. Sepanjang hari Ani hanya bisa menangis merasakan kehilangan.
2) Sejak monyet kecil itu menghuni rumah pohon yang ada di kebun belakang rumah, Rino jadi sering mengajak teman –temannya bermain ke rumah. Dia begitu bangga karena memiliki seekor monyet yang lucu.
3) Dino memang kucing yang lucu, dia akan berlari menyambutku setiap kali aku Pulang sekolah.
4) Ronron, kelinci putih yang baik hati menghapus air matanya. dia sangat sedih saat mengetahui sahabatnya sansan sedang sakit dan merindu-kan dirinya.
Yang merupukan teks fabel ditunjukan nomor….
15. Perhatikan penggalan teks di bawah ini!
Akhirnya emak kelinci memeluk hayhay anaknya. Emak kelinci telah memaafkan Kesalahan hayhay. Lagipula, Hayhay telah berjanji tidak akan mengulangilagi kesalahan yang tadi dilakukannya.
Penggalan teks fabel diatas merupakan bagian…..
16. Cermatilah penggalan teks fabel di bawah ini!
Akhirnya ia pun mengetuk pintu rumah semut dan semut pun membukakan pintu. “Ada apa lang?” tanya semut. “Tolong berikanlah kepadaku sedikit saja persediaan makananmu.karena aku kelaparan dan persedianku sudah habis”, jawab belalang.
“Enak saja kau ketika aku susah mengumpulkan makanan engkau malah mengejek dan mentertawakanku. Dan sekarang mau minta persediaan makananku. Pergilah sana, cari sendiri makananmu!” Jawab semut geram.
Pernyataan yang sesuai dengan penggalan teks di atas adalah…
Petunjuk teks berikut ini digunakan untuk menjawab soal no 17 dan 18
Pada zaman dahulu, di sebuah hutan rimba yang sangat lebat, hidup seekor rusa yang amat pemarah dan juga sombong. Iya bahkan kerap meremehkan kemampuan hewan yang lain. Suatu ketika sang rusa berjalan di pinggir danau. Ia tidak sengaja berjumpa dengan kura –kura yang tampak mondar mandir saja. Melihat hal itu, sang rusa pun bertanya, “Kura-kura, apa yang telah engkau lakukan?”
17. Latar tempat berdasarkan teks fabel di atas adalah….
18. Karakter rusa berdasarkan teks fabel di atas …
19. Perhatikan stuktur teks berikut!
Yang merupakan stuktur teks fabel adalah…
20. Bacalah penggalan cerita fabel di bawah ini!
Ceri sudah pandai terbang sekarang, anak cendrawasih dengan bulunya yang makin panjang itu, gemar sekali mencari buah-buahan yang segar. Sesekali dia terbang cepat untuk menggejar serangga kecil, terkadang dia juga meniru elang yang terbang dengan sangat berwibawa. Ceri sangat menyukai terbang diatas puncak perpohonan yang tinggi.
Cara penulis menuliskan tokoh Ceri dalam cerita di atas …
21. Perhatikan penggalan teks fabel berikut!
Suatu ketika, Ceri terbang sangat jauh. Dia bermain bersama kedua temannya dari pagi hingga siang hari, ibunya menungu dengan penuh cemas, karena menjelang sore Ceri belum juga pulang. Ibunya berniat mencari Ceri dia telah memberitahu-kan burung kakak tua bahwa Ceri hilang.
Konflik yang terjadi dalam cerita di atas disebabkan oleh…
Petunjuk: Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 22 dan 23 !
Toni : ”Kamu yang mengambil pensil saya?’’
Ahmad : ’’Tidak, Memang pensilmu hilang?’’
Toni : ’’Ya, tadi pagi aku memasukannya dalam tas. Hanya kamu yang ada di ruangan ini. Pasti kamu yang mengambilnya!’’
Ahmad : ’’Sungguh aku tidak mengambilnya. Coba periksa lagi tasmu’’
Toni : ’’Kamu jangan mengelak!’’
Ahmad : ”Ton, aku benar-benar tidak menggambil pensilmu. Ayo, cobalah periksa lagi tasmu.’’
22. Berdasarkan dialog di atas, karakter Ahmad ....
23. Kalimat tidak langsung yang sesuai dengan dialog diatas…
24. Bacalah penggalan teks di bawah ini!
Ninda dan Andini dua bersaudara. Keduanya memiliki sifat yang sangat bertolak belakang. Andini yang merupaka anak tertua memiliki sifat sombong dan keras kepala serta selalu membangkang perintah orang tuanya.
Sinonim kata yang bercetak miring adalah….
25. Cermati teks fabel di bawah ini!
Ronron, anak kucing pemalu it uterus memperhatikan sekumpulan anak kucing lain yang sedang bermain petak umpet di lapangan yang ada di tepi sungai. Sebetulnya dia sangat ingin bergabung dengan mereka tapi dia malu. Dia tetap duduk sendirian di bawah pohon jambu batu.
Kalimat langsung yang sesuai dengan teks di atas….
26. Perhatikan penggalan teks surat dinas di bawah ini!
Dalam rangka memperingati bulan bahasa, Kami bermaksud mengundang Bapak untuk menjadi juri pada lomba membaca puisi.
Berdasarkan penggalan surat dinas di atas, tujuan surat adalah…
27. Perhatikan penggalan surat pribadi berikut ini!
Liburan kenaikan kelas tinggal beberapa hari lagi, saya dan keluarga akan berlibur ke Yogyakarta. Kata Ayah, saya boleh mengajak salah seorang teman agar saya tidak merasa bosan di perjalan nanti. Saya ingin kamu yang menemai. Kamu mau, kan?
Berdasarkan penggalan surat pribadi di atas, tujuan surat adalah…
28. Bacalah kutipan surat berikut!
Yth. Pengurus OSIS SMP Cendikia
Di Jakarta
Dengan Hormat,
Sehubungan dengan persiapan pelaksanaan bakti sosial, kami mengharap kehadiran saudara pada :
Hari,tanggal : Senin, 18 juli 2019
Waktu : 14:00
Tempat : Ruang OSIS
Acara : Persiapan bakti sosial
(…..)
Bagian penutup surat yang tepat adalah…
29. Cermatialah kutipan surat berikut ini!
SMP AL-IKHLAS
Jalan Siliwangi No 22, Bandung
=======================================
Nomor : 17/s. 002/AI/2019 (1)............
Hal : Undangan
Yth. Para Guru dan staf
SMP AL-IKHLAS
Di Bandung
Penulisan tanggal surat yang tepat untuk mengisi nomor (1) pada surat tersebut adalah……
30. Cermatilah kutipan surat pribadi berikut!
Oh ya, mila bagaimana kegiatan seni di sekolahmu? apakah kamu ikut? Kalau aku masih seperti dulu, masih aktif dalam seni tari.
(.…)
Salam manis
Nita
Kalimat penutup surat yang tepat agar Mila segera membalas surat Nita adalah…
31. Cermatilah penulisan alamat surat berikut ini!
Yth. Pimpinan PLN Bandung
Jalan Asia-Afrika 22
Di Bandung.
Kesalahan penulisan bagian alamat surat di atas adalah…
32. Perhatikan bagian penutup surat resmi di bawah ini!
Demikian surat lamaran ini,atas perhatiannya diucapkan banyak-banyak terima kasih.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki penutup surat tersebut adalah….
33. Perhatikan kutipan alamat surat berikut!
Kepada
Yth Bapak Direktur PT Angkasa
Jalan cempaka no. 10
Jakarta Barat
Perbaikan alamat surat tersebut yang tepat adalah…
34. Perhatikan kutipan buku berikut ini!
Dito pergi sendirian. Dia berjalan lunglai meninggal-kan sekolah. Pikirannya sudah di rumah untuk bis membantu orang tuanya di kebun. Dia bingung apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu, membantu bapaknya di kebun atau harus membantu ibunya membuat sapu lidi untuk dijual. Semakin teringat hal itu, Dito semakin cepat melangkahkan kakinya.
Kutipan buku di atas termasuk kategori fiksi karena…
35. Bacalah teks langkah – langkah membaca dengan teknik SQ3R berikut!
1. Membuat pertanyaan
2. Menceritakan isi buku
3. Membaca isi buku
4. Mensurvei isi
5. Meninjau kembali
Urutan langkah-langkah membaca dengan menggunakan SQ3R yang tepat adalah…
36. Bacalah kalimat acak berikut!
1. Kelelawar tidur dengan cara bergantung terbalik di dahan pohon.
2. Pohon yang dipilih untuk bergelantungan adalah pohon besar dan rindang.
3. Kelelawar mencari makan dimalam hari.
4. Oleh karena itu, pada siang hari mereka akan tidur.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu adalah…
37. Bacalah paragraf berikut!
(1) Masjid istiqlal berada di taman wijaya kusuma, Jakarta. (2) Masjid ini bisa menampung lebih dari 200 ribu umat (3) Kubah Masjid ini terlihat unik. (4) Bentuknya telur bulat, seperti kubah Masjid Raya Selangor di Malaysia.
Penggunaan ejaan yang salah pada paragraf tersebut ditunjukan oleh kalimat…..
38. Bacalah teks di bawah ini!
Novel yang berjudul Sang Pemimpin karya Andrea Hirata di sajikan dengan bahasa yang cantik, mampu menyihir pembaca sehingga pembaca ikut merasakan kebahagian, semangat, keputusasaan, dan kesedihan.
Persamaan kata yang bercetak tebal dan digarisbawahi adalah
39. Bacalah teks berikut!
Buku ini menceritakan berbagai macam hewan dan tumbuhan yang hidup di pantai. (....) pembaca tidak merasa kesulitan memahami isi buku. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar sehingga pembaca tertarik untuk membaca buku karya Tantowi ini.
Kalimat berisi keunggulan yang paling tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah…
40. Bacalah kutipan buku nonfiksi berikut!.
Kriptantus adalah tanaman tak berbatang. Daun-daunnya saling bertumpuk mirip bintang laut dengan warna yang beragam. mulai dari hijau, ungu, hingga merah. Beberapa jenis memiliki garis putih melintang yang sangat nyaman dipandang.
Hal yang diulas pada teks di atas adalah…
II. Soal Uraian
41. Bacalah ilustrasi berikut!
Buang sampah sembarangan mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang karena setiap orang yang saya temui pasti ada saja yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Padahal, sudah disediakan tempat sampah tapi tetap saja mereka lebih suka buang sampah sembarangan.
Buatlah sebuah pantun nasihat sesuai dengan ilustrasi di atas!
42. Lengkapilah bangunan stuktur fabel di bawah ini!
Komplikasi 2)……………
1)…………. Koda
43. Bacalah teks di bawah ini!
Sudah seminggu ini kondisi nenek kurang baik. Tubuhnya semakin kurus karena nafsu makannya menurun. Kami sudah membawanya ke dokter kata dokter, yang membuat nenek sakit adalah kerinduannya bertemu dengan anak-cucu yang jarang pulang. Sengaja aku cerita ini ke kamu supuya kamu mengajak papa mama kamu pulang kampung untuk menjenguk nenek. Aku juga kangen kamu sepupuku yang paling cantik.
Buatlah bagian penutup yang sesuai dengan ilustrasi surat di atas
44. Perhatikan tiga kalimat berikut!
1) Sambal goreng maskan ibu sangat enak
2) Aku suka sambal goreng.
3) Aku suka makan nasi goreng
Buatlah tiga kalimat majemuk berdasarkan tiga kalimat di atas.
45. Perhatikan kalimat di bawah ini!
Saya sangat suka sekali berkunjung ke rumah nenek.
Tulis kembali kalimat di atas, perbaiki kesalahan-kesalahannya sehingga menjadi kalimat efektif.
Download Soal PAT (UKK) Bahasa Indonesia Kelas 7 Tahun 2020
Demikian artikel yang bisa saya berikan untuk anda mengenai Soal PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 2 K-13 Tahun 2020. Silahkan unduh dan pelajari soal tersebut disini ya.
PAT (Penilaian Akhir Tahun) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan satu tahun kegiatan pembelajaran.
Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh kompetensi dasar pada periode tersebut.

Latihan Soal PAT (UKK) Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020
Silahkan adik-adik pelajari Soal PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 2 K-13 Tahun 2020 disini.1. Cermatilah puisi rakyat berikut ini dengan seksama!
1) Berpikirlah secara sehat, Terucap tentang taubat dan solawat, Berkarya dalam hidup dan manfaat. Berprasangka yang baik dan tepat.
2) Dompet kecil berwarna biru, Berukir cantik karya seniman.
3) Jauh di mata jangan di pandang, Jauh di hati jangan sakiti, Jauh di badan jangan di sentuh, Kalau dosa terus di tambang, Walau mati itu rasa hati mu rapuh
4) Apabila banyak mencela orang, Itulah tanda diri nya kurang
Puisi rakyat berupa gurindam ditunjukan pada nomor…
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
2. Bacalah pantun berikut ini!
Mainan baru membucah hati
Mainan rusak adik tangisi
Berilmu itu harus rendah hati
Semakin merunduk tanda kau berisi
Amanat yang disampaikan pantun di atas adalah…
A. Mainan yang sudah rusak tidak perlu di tangisi
B. Jangan bangga memiliki barang atau sesuatu yang baru
C. Orang yang berilmu lebih baik memiliki kerendahan hati atau tidak Sombong
D. Orang rendah hati adalah orang yang suka berbagi
3. Cermatilah gurindam berikut ini!
Apabila ingin menjadi insan mulia
ingatlah selalu menjadi baik
Alasan kesalahan pada gurindam tersebut adalah….
A. Lariknya berjumlah dua
B. Jumlah suku kata dalam satu baris tidak tepat
C. Larik pertama dan kedua adalah isi
D. Pola rima dalam kedua baris tersebut tidak sama
4. Bacalah pantun berikut ini!
Ada yang beda ada yang sama
Ada yang ceroboh dan teliti
Sabar dan ikhlas adalah utama
Tuk hilangkan dendam di hati
Sinonim dari kata yang bercetak miring pada pantun tersebut adalah…
A. Hati-hati
B. Gegabah
C. Buru-buru
D. Cekatan
5. Perhartikan syair berikut ini!
Wahai anakanda
Rajinlah belajar sepanjang masa
Ilmu tidak pernah habis dieja
Sebagai bekal sepanjang masa
Pesan yang disampaikan syair tersebut adalah…
A. Manfaat untuk kehidupan dan masa depan anak
B. Terus belajar dan mencari ilmu untuk bekal di masa depan
C. Dengan rajin membaca kita mendapat ilmu
D. Belajarlah yang rajinuntuk mendapatkan kebahagian
6. Bacalah gurindam berikut ini!
Barang siapa berilmu
Bagaikan kursi tidak bertumpu
Pesan yang terkandung dalam gurindam di atas adalah…
A. Siapa saja yang tidak mempunya ilmu, hidupnya akan tersesat
B. Dengan ilmu kita bisa mendapat segalanya
C. Orang yang tak berilmu adalah orang yang tak bisa sukses
D. Bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu
7. Perhatikan gurindam berikut ini!
Barang siapa yang kuat
…………………………………
Kalimat yang tepat untuk melengkapi gurindam tersebut adalah…
A. Pasti hidup menjadi berkat
B. Pasti hidup tidak tertipu
C. Pasti kejayaan muncul bersama
D. Kelak hidup tidak ada kesusahan
8. Perhatikan pantun berikut ini!
Liburan seru di kota Pandenglang
Tak ingin pulang terburu - buru
Jika diri ingin pintar
Berterimakasilah kepada orang tua
Perbaikan kata yang bercetak miring yang sesuai dengan persajakan, pada pantun tersebut adalah…
A. Gemilang, guru
B. Gemilang, ibu
C. Sukses, guru
D. Sukses, ibu
9. Cermatilah puisi rakyat berikut ini!
Syair
Ingatlah selalu kepada tuhan
Jernikan hati dan kuatkan iman
Supaya hidup menjadi tentram
Dan dapat menjadi pendoman
Pantun
Belari cepat mengejar waktu
Terlambat sudah mengejar kereta
Pendidikan itu harus nomor satu
Bagi kemajuan bangsa kita
Persamaan stuktur kedua puisi rakyat tersebut terletak pada….
A. Jumlah lirik dalam satu bait
B. Persajakan atau pola rima
C. Jumlah suku kata dalam satu baris
D. Menggunakan kalimat perintah
10. Cermati puisi rakyat berikut ini dengan seksama!
Ke luar kota menjual tabungan
Tabungan di jual lalu di beli lagi
Jangan lupa rajin menabung
Agar kau kelak tidak merugi
Pola rima yang digunakan puisi tersebut adalah…
A. a-a-a-a
B. aa-bb-cc-dd
C. a-b-a-b
D. a-b-c-d
11. Perhatikan pantun berikut ini!
1. Kalau murid menjadi pandai
2. Gunung biru jauh di sebrang
3. Hati guru pun ikut senang
4. Tinggi gunung tak tergapai
Urutan pantun yang tepat adalah….
A. 1-3-4-2
B. 2-4-3-1
C. 4-2-1-3
D. 2-4-1-3
12. Cermatilah pantun berikut ini!
Sungguh indah syair setanggi
Menyusun kata bagai hiasan
Punya ilmu mesti (….)
Jangan dunia sebagai batasan
Kata perintah yang terdapat dalam pantun di atas adalah….
A. Dicapai
B. Dicari
C. Tinggi
D. Dibagi
13. Bacalah pantun berikut ini!
Kalau gelap bawalah senter
Jalan ke depan jangan mundur
Sebaiknya ingat pesan dokter
Sikat gigilah sebelum tidur
Kata perintah yang terdapat dalam pantun tersebut adalah….
A. Jangan
B. Bawalah
C. Sebaiknya
D. Ingat
14. Perhatikan penggalan teks cerita di bawah ini!
1) Ani tidak pernah menyangka, kucing kesayangan-nya akan mati secara tragis. Penggendara motor yang ugal ugalan telah menabrak doki hingga tewas. Sepanjang hari Ani hanya bisa menangis merasakan kehilangan.
2) Sejak monyet kecil itu menghuni rumah pohon yang ada di kebun belakang rumah, Rino jadi sering mengajak teman –temannya bermain ke rumah. Dia begitu bangga karena memiliki seekor monyet yang lucu.
3) Dino memang kucing yang lucu, dia akan berlari menyambutku setiap kali aku Pulang sekolah.
4) Ronron, kelinci putih yang baik hati menghapus air matanya. dia sangat sedih saat mengetahui sahabatnya sansan sedang sakit dan merindu-kan dirinya.
Yang merupukan teks fabel ditunjukan nomor….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
15. Perhatikan penggalan teks di bawah ini!
Akhirnya emak kelinci memeluk hayhay anaknya. Emak kelinci telah memaafkan Kesalahan hayhay. Lagipula, Hayhay telah berjanji tidak akan mengulangilagi kesalahan yang tadi dilakukannya.
Penggalan teks fabel diatas merupakan bagian…..
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Klimaks
D. Resolusi
16. Cermatilah penggalan teks fabel di bawah ini!
Akhirnya ia pun mengetuk pintu rumah semut dan semut pun membukakan pintu. “Ada apa lang?” tanya semut. “Tolong berikanlah kepadaku sedikit saja persediaan makananmu.karena aku kelaparan dan persedianku sudah habis”, jawab belalang.
“Enak saja kau ketika aku susah mengumpulkan makanan engkau malah mengejek dan mentertawakanku. Dan sekarang mau minta persediaan makananku. Pergilah sana, cari sendiri makananmu!” Jawab semut geram.
Pernyataan yang sesuai dengan penggalan teks di atas adalah…
A. Semut adalah hewan yang rajin
B. Semut adalah hewan yang pendendam
C. Belalang adalah hewan yang baik hati
D. Semut adalah hewan yang serakah
Petunjuk teks berikut ini digunakan untuk menjawab soal no 17 dan 18
Pada zaman dahulu, di sebuah hutan rimba yang sangat lebat, hidup seekor rusa yang amat pemarah dan juga sombong. Iya bahkan kerap meremehkan kemampuan hewan yang lain. Suatu ketika sang rusa berjalan di pinggir danau. Ia tidak sengaja berjumpa dengan kura –kura yang tampak mondar mandir saja. Melihat hal itu, sang rusa pun bertanya, “Kura-kura, apa yang telah engkau lakukan?”
17. Latar tempat berdasarkan teks fabel di atas adalah….
A. Di hutan rimba
B. Di pinggir danau
C. Di sebuah rumah
D. Di pinggir danau
18. Karakter rusa berdasarkan teks fabel di atas …
A. Baik hati dan tidak sombong
B. Pemarah dan ramah
C. Pemarah dan sombong
D. Rendah hati dan ramah
19. Perhatikan stuktur teks berikut!
Yang merupakan stuktur teks fabel adalah…
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
20. Bacalah penggalan cerita fabel di bawah ini!
Ceri sudah pandai terbang sekarang, anak cendrawasih dengan bulunya yang makin panjang itu, gemar sekali mencari buah-buahan yang segar. Sesekali dia terbang cepat untuk menggejar serangga kecil, terkadang dia juga meniru elang yang terbang dengan sangat berwibawa. Ceri sangat menyukai terbang diatas puncak perpohonan yang tinggi.
Cara penulis menuliskan tokoh Ceri dalam cerita di atas …
A. Penulis menjelaskan secara langsung
B. Penulis mengungkapkannya dalam dialog antar tokoh
C. Penulis memaparkan tindakan tokoh
D. Penulis mengungkapkan melalui ucapan tokoh
21. Perhatikan penggalan teks fabel berikut!
Suatu ketika, Ceri terbang sangat jauh. Dia bermain bersama kedua temannya dari pagi hingga siang hari, ibunya menungu dengan penuh cemas, karena menjelang sore Ceri belum juga pulang. Ibunya berniat mencari Ceri dia telah memberitahu-kan burung kakak tua bahwa Ceri hilang.
Konflik yang terjadi dalam cerita di atas disebabkan oleh…
A. Ibu terlalu cemas
B. Ceri belum pulang
C. Ceri terbang jauh
D. Ibu mencari ceri
Petunjuk: Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 22 dan 23 !
Toni : ”Kamu yang mengambil pensil saya?’’
Ahmad : ’’Tidak, Memang pensilmu hilang?’’
Toni : ’’Ya, tadi pagi aku memasukannya dalam tas. Hanya kamu yang ada di ruangan ini. Pasti kamu yang mengambilnya!’’
Ahmad : ’’Sungguh aku tidak mengambilnya. Coba periksa lagi tasmu’’
Toni : ’’Kamu jangan mengelak!’’
Ahmad : ”Ton, aku benar-benar tidak menggambil pensilmu. Ayo, cobalah periksa lagi tasmu.’’
22. Berdasarkan dialog di atas, karakter Ahmad ....
A. Pemarah
B. Penyabar
C. Pembohong
D. Baik hati
23. Kalimat tidak langsung yang sesuai dengan dialog diatas…
A. Toni kehilangan pensil dan dia mencarinya di dalam kelas
B. Toni kehilangan pensil lalu menuduh ahmad mencurinya
C. Ahmad mencuri pensil Tonitapi, tidak mengakuinya
D. Ahmad menuduh Toni mencuri pensilnya
24. Bacalah penggalan teks di bawah ini!
Ninda dan Andini dua bersaudara. Keduanya memiliki sifat yang sangat bertolak belakang. Andini yang merupaka anak tertua memiliki sifat sombong dan keras kepala serta selalu membangkang perintah orang tuanya.
Sinonim kata yang bercetak miring adalah….
A. Menjawab
B. Menentang
C. Mengikuti
D. Melaksanakan
25. Cermati teks fabel di bawah ini!
Ronron, anak kucing pemalu it uterus memperhatikan sekumpulan anak kucing lain yang sedang bermain petak umpet di lapangan yang ada di tepi sungai. Sebetulnya dia sangat ingin bergabung dengan mereka tapi dia malu. Dia tetap duduk sendirian di bawah pohon jambu batu.
Kalimat langsung yang sesuai dengan teks di atas….
A. ”Aku akan ikut bermain dengan mereka. Aku akan kesana"
B. ”Aku ingin ikut bermain dengan mereka, tapi aku malu mengatakannya”
C. ”Mereka tentu akan menolak kalau aku ingin bermain dengan mereka”
D. ”Mengapa aku menjadi anak pemalu, ya?
26. Perhatikan penggalan teks surat dinas di bawah ini!
Dalam rangka memperingati bulan bahasa, Kami bermaksud mengundang Bapak untuk menjadi juri pada lomba membaca puisi.
Berdasarkan penggalan surat dinas di atas, tujuan surat adalah…
A. Meminta izin untuk mengadakan perlombaan
B. Mengundang untuk menghadiri bulan bahasa
C. Mengundang untuk menjadi juri lomba
D. Meminta izin untuk menjadi juri lomba
27. Perhatikan penggalan surat pribadi berikut ini!
Liburan kenaikan kelas tinggal beberapa hari lagi, saya dan keluarga akan berlibur ke Yogyakarta. Kata Ayah, saya boleh mengajak salah seorang teman agar saya tidak merasa bosan di perjalan nanti. Saya ingin kamu yang menemai. Kamu mau, kan?
Berdasarkan penggalan surat pribadi di atas, tujuan surat adalah…
A. Menceritakan rencana liburan keluarga
B. Mengingatkan bahwa sebentar lagi akan libur
C. Menceritakan akan berlibur ke Yogyakarta
D. Mengajak berlibur ke Yogyakarta
28. Bacalah kutipan surat berikut!
Yth. Pengurus OSIS SMP Cendikia
Di Jakarta
Dengan Hormat,
Sehubungan dengan persiapan pelaksanaan bakti sosial, kami mengharap kehadiran saudara pada :
Hari,tanggal : Senin, 18 juli 2019
Waktu : 14:00
Tempat : Ruang OSIS
Acara : Persiapan bakti sosial
(…..)
Bagian penutup surat yang tepat adalah…
A. Demikian surat pemberitahuan ini disampaikan
B. Mengingat pentingnya acara tersebut, harap hadir tepat waktu
C. Demikian surat permohonan ini kami sampaikan semoga dapat dikabulkan
D. Demikian surat ini kutulis
29. Cermatialah kutipan surat berikut ini!
SMP AL-IKHLAS
Jalan Siliwangi No 22, Bandung
=======================================
Nomor : 17/s. 002/AI/2019 (1)............
Hal : Undangan
Yth. Para Guru dan staf
SMP AL-IKHLAS
Di Bandung
Penulisan tanggal surat yang tepat untuk mengisi nomor (1) pada surat tersebut adalah……
A. 12 Juni 2019
B. 12 juni 2019
C. Bandung, 12 Juni 2019
D. Bandung, 12 juni 2019
30. Cermatilah kutipan surat pribadi berikut!
Oh ya, mila bagaimana kegiatan seni di sekolahmu? apakah kamu ikut? Kalau aku masih seperti dulu, masih aktif dalam seni tari.
(.…)
Salam manis
Nita
Kalimat penutup surat yang tepat agar Mila segera membalas surat Nita adalah…
A. Demikianlah surat dariku mil, semoga tidak mengangu belajar mu.
B. Atas perhatianmu, ku ucapkan terima kasih. Aku bangga bersahabat dengan mu
C. Kiranya surat dari ku cukup sampai disini, Mil kapan –kapan ku sambung lagi
D. Mil,sampai disini dulu surat dariku. Balasan surat darimu selalu kutunggu
31. Cermatilah penulisan alamat surat berikut ini!
Yth. Pimpinan PLN Bandung
Jalan Asia-Afrika 22
Di Bandung.
Kesalahan penulisan bagian alamat surat di atas adalah…
A. Penulisan 22 seharusnya no. 22
B. Penulisan Yth. seharusnya Yang terhormat
C. Pegunaan tanda titik di belakang kata “Bandung” dihilangkan
D. Penulisan jalan seharusnya jln
32. Perhatikan bagian penutup surat resmi di bawah ini!
Demikian surat lamaran ini,atas perhatiannya diucapkan banyak-banyak terima kasih.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki penutup surat tersebut adalah….
A. Atas segala kebijakannya saya ucapkan terima kasih
B. Atas kebijakan dan pertimbangannya, saya mengucapkan terima kasih
C. Dengan segala kerendahan hati saya ucapkan terima kasih
D. Atas perhatianBapak/Ibu/Saudara, saya mengucapkan terima kasih
33. Perhatikan kutipan alamat surat berikut!
Kepada
Yth Bapak Direktur PT Angkasa
Jalan cempaka no. 10
Jakarta Barat
Perbaikan alamat surat tersebut yang tepat adalah…
A. Yth. Direktur PT Angkasa
jalan cempaka no.10
Jakarta Barat
B. Yth. Direktur PT Angkasa
Jl. Cempaka 10
Jakarta barat
C. Yth. Direktur PT Angkasa
Jalan Cempaka nomor. 10
Jakarta Barat
D. Yth. Direktur pt Angkasa
Jl. Cempaka. 10
Jakarta Barat
34. Perhatikan kutipan buku berikut ini!
Dito pergi sendirian. Dia berjalan lunglai meninggal-kan sekolah. Pikirannya sudah di rumah untuk bis membantu orang tuanya di kebun. Dia bingung apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu, membantu bapaknya di kebun atau harus membantu ibunya membuat sapu lidi untuk dijual. Semakin teringat hal itu, Dito semakin cepat melangkahkan kakinya.
Kutipan buku di atas termasuk kategori fiksi karena…
A. Cara-cara menjadi anak sekolah yang baik
B. Berisi penjelasan tentang anak sekolah yang baik
C. Menceritakan tokoh yang memiliki konflik
D. Berupa peristiwa orang tua yang dibantu anaknya
35. Bacalah teks langkah – langkah membaca dengan teknik SQ3R berikut!
1. Membuat pertanyaan
2. Menceritakan isi buku
3. Membaca isi buku
4. Mensurvei isi
5. Meninjau kembali
Urutan langkah-langkah membaca dengan menggunakan SQ3R yang tepat adalah…
A. 4-2-1-3-5
B. 4-1-3-2-5
C. 5-2-1-4-3
D. 5-4-3-2-1
36. Bacalah kalimat acak berikut!
1. Kelelawar tidur dengan cara bergantung terbalik di dahan pohon.
2. Pohon yang dipilih untuk bergelantungan adalah pohon besar dan rindang.
3. Kelelawar mencari makan dimalam hari.
4. Oleh karena itu, pada siang hari mereka akan tidur.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu adalah…
A. 3-4-2-1
B. 1-2-3-4
C. 4-3-2-1
D. 3-4-1-2
37. Bacalah paragraf berikut!
(1) Masjid istiqlal berada di taman wijaya kusuma, Jakarta. (2) Masjid ini bisa menampung lebih dari 200 ribu umat (3) Kubah Masjid ini terlihat unik. (4) Bentuknya telur bulat, seperti kubah Masjid Raya Selangor di Malaysia.
Penggunaan ejaan yang salah pada paragraf tersebut ditunjukan oleh kalimat…..
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
38. Bacalah teks di bawah ini!
Novel yang berjudul Sang Pemimpin karya Andrea Hirata di sajikan dengan bahasa yang cantik, mampu menyihir pembaca sehingga pembaca ikut merasakan kebahagian, semangat, keputusasaan, dan kesedihan.
Persamaan kata yang bercetak tebal dan digarisbawahi adalah
A. Jelek
B. Indah
C. Takjub
D. Rupawan
39. Bacalah teks berikut!
Buku ini menceritakan berbagai macam hewan dan tumbuhan yang hidup di pantai. (....) pembaca tidak merasa kesulitan memahami isi buku. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar sehingga pembaca tertarik untuk membaca buku karya Tantowi ini.
Kalimat berisi keunggulan yang paling tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah…
A. Buku ini ditulis oleh penulis terkenal
B. Buku ini sangat diperlukan oleh masyarakat
C. Buku ini ditulis dengan bahasa yang lugas
D. Buku ini sangat tepat dipelajari oleh pelajar
40. Bacalah kutipan buku nonfiksi berikut!.
Kriptantus adalah tanaman tak berbatang. Daun-daunnya saling bertumpuk mirip bintang laut dengan warna yang beragam. mulai dari hijau, ungu, hingga merah. Beberapa jenis memiliki garis putih melintang yang sangat nyaman dipandang.
Hal yang diulas pada teks di atas adalah…
A. Habitat tanaman Kriptantus
B. Ciri-ciri tanaman Kriptantus
C. Tanaman kriptantus indah dipandang
D. Tanaman kriptantus tidak memiliki batang
II. Soal Uraian
41. Bacalah ilustrasi berikut!
Buang sampah sembarangan mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang karena setiap orang yang saya temui pasti ada saja yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Padahal, sudah disediakan tempat sampah tapi tetap saja mereka lebih suka buang sampah sembarangan.
Buatlah sebuah pantun nasihat sesuai dengan ilustrasi di atas!
Jawaban:
Pohon cemara hijau
Indah menghiasi pegununan
Membuang sampah pada tempatnya
Tandanya kamu peduli lingkungan
42. Lengkapilah bangunan stuktur fabel di bawah ini!
Komplikasi 2)……………
1)…………. Koda
Jawaban
1) Orientasi
2) Resolusi
43. Bacalah teks di bawah ini!
Sudah seminggu ini kondisi nenek kurang baik. Tubuhnya semakin kurus karena nafsu makannya menurun. Kami sudah membawanya ke dokter kata dokter, yang membuat nenek sakit adalah kerinduannya bertemu dengan anak-cucu yang jarang pulang. Sengaja aku cerita ini ke kamu supuya kamu mengajak papa mama kamu pulang kampung untuk menjenguk nenek. Aku juga kangen kamu sepupuku yang paling cantik.
Buatlah bagian penutup yang sesuai dengan ilustrasi surat di atas
Jawaban
Sampai di sini dulu suratku ini. Sampaikan salamku untuk Om dan Tante. Jangan lupa ajak mereka mudik menjenguk nenek.
44. Perhatikan tiga kalimat berikut!
1) Sambal goreng maskan ibu sangat enak
2) Aku suka sambal goreng.
3) Aku suka makan nasi goreng
Buatlah tiga kalimat majemuk berdasarkan tiga kalimat di atas.
Jawaban
Aku suka sambal goreng buatan ibu yang sangat enak
Aku suka makan nasi goreng, apalagi pake sambal goreng
Aku suka makan nasi goreng dan sambal goreng
45. Perhatikan kalimat di bawah ini!
Saya sangat suka sekali berkunjung ke rumah nenek.
Tulis kembali kalimat di atas, perbaiki kesalahan-kesalahannya sehingga menjadi kalimat efektif.
Jawaban
Saya sangat suka berkunjung ke rumah Nenek
Saya suka sekali berkunjung ke rumah Nenek!
Download Soal PAT (UKK) Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013
Kali ini Admin BankSoal (BS) ingin memberikan informasi untuk adik-adik semua mengenai Soal PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 2 K-13 Tahun 2020. Soal kali ini sudah saya berikan dengan kunci jawaban yang bisa adik-adik pelajari. agar adik-adik sudah siap dalam menghadapi ulangan untuk tahun ini. Selengkapnya silahkan unduh pada link di bawah ini.Download Soal PAT (UKK) Bahasa Indonesia Kelas 7 Tahun 2020
Demikian artikel yang bisa saya berikan untuk anda mengenai Soal PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Semester 2 K-13 Tahun 2020. Silahkan unduh dan pelajari soal tersebut disini ya.
Tidak ada komentar untuk "Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013 Tahun 2020"
Posting Komentar